Doa Penyakit Stroke (Rihul Ahmar), Terjemahan dan Penjelasan Lengkapnya


Doa Penyakit Stroke (Rihul Ahmar), Terjemahan dan Penjelasan Lengkapnya
Doa rihul ahmar untuk penyakit stroke.
Rihul ahmar dianggap oleh kaum salafi wahabi sebagai doa yang tidak ada sumbernya. Padahal menurut para ahli hikmah dan ruqyah aswaja, hal itu adalah warisan para wali untuk diteruskan kepada umat Muhammad sebagai obat stroke dan penyakit menahun lainnya. Secara ruhaniyah.

Tentangdoa.com - Sebelum lanjut ke doa rihul ahmar, ada sebuah hadits Nabi yang menjelaskan secara umum tentang doa agar terhindar dari penyakit menahun seperti stroke dan lainnya. Diambil dari tulisan Kiai Ma’ruf Khozin, Surabaya.

Dalam sebuah hadis disebutkan tentang penyakit Falij.

 من اقتراب الساعة اذا كثر الفالج وموت الفجأة
Artinya:
“Di antara tanda dekatnya kiamat adalah apabila banyak penyakit stroke dan mati mendadak” (HR. Ibnu Abd Razzaq).

Beberapa syarah hadist menyebutkan tentang makna Falij dalam hadits tersebut:

اﺳﺘﺮﺧﺎء ﻷﺣﺪ ﺷﻘﻲ اﻟﺒﺪﻥ ﻻﻧﺼﺒﺎﺏ ﺧﻠﻂ ﺑﻠﻐﻤﻲ ﺗﻨﺴﺪ ﻣﻨﻪ ﻣﺴﺎﻟﻚ اﻟﺮﻭﺡ

Artinya:
“Yaitu kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh karena mengalirnya campuran lemak yang dapat menutup saluran ruh”. (Tuhfatul Ahwadzi).

Boleh jadi temuan definisi ini berbeda dengan ilmu medis modern saat ini. Namun intinya terjadi kelumpuhan pada separuh tubuh.

Doa agar terhindar dari penyakit Falij tersebut adalah:

ﻋﻦ ﺃﺑﺎﻥ ﺑﻦ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﻗﺎﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻋﻔﺎﻥ ﻳﻘﻮﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: ” ﻣﺎ ﻣﻦ ﻋﺒﺪ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺻﺒﺎﺡ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ، ﻭﻣﺴﺎء ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ: ﺑﺴﻢ اﻟﻠﻪ اﻟﺬﻱ ﻻ ﻳﻀﺮ ﻣﻊ اﺳﻤﻪ ﺷﻲء ﻓﻲ اﻷﺭﺽ ﻭﻻ ﻓﻲ اﻟﺴﻤﺎء، ﻭﻫﻮ اﻟﺴﻤﻴﻊ اﻟﻌﻠﻴﻢ، ﺛﻼﺙ ﻣﺮاﺕ، ﻓﻴﻀﺮﻩ ﺷﻲء ” ﻗﺎﻝ: ﻭﻛﺎﻥ ﺃﺑﺎﻥ ﻗﺪ ﺃﺻﺎﺑﻪ ﻃﺮﻑ ﻣﻦ اﻟﻔﺎﻟﺞ، ﻓﺠﻌﻞ اﻟﺮﺟﻞ ﻳﻨﻈﺮ ﺇﻟﻴﻪ، ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺃﺑﺎﻥ: «ﻣﺎ ﺗﻨﻈﺮ ﺇﻟﻲ؟ ﺃﻣﺎ ﺇﻥ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻛﻤﺎ ﻗﺪ ﺣﺪﺛﺘﻚ، ﻭﻟﻜﻨﻲ ﻟﻢ ﺃﻗﻠﻪ ﻳﻮﻣﺌﺬ، ﻟﻴﻤﻀﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻲ ﻗﺪﺭﻩ»

Aban bin Utsman berkata bahwa Utsman bin Affan mendengar Nabi bersabda:

“Tidak ada seorang hamba yang membaca tiap pagi dan sore hari sebanyak 3 kali “Bismillah alladzi laa yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa laa fis samaa’ wa huwa as-samii’u al-aliim” maka tidak ada yang membahayakan padanya”. Aban ini sakit stroke, lalu orang lain melihatnya dan Aban berkata: “Apa yang kamu lihat? Hadis ini adalah seperti yang aku sampaikan padamu. Namun aku tidak membacanya agar takdir Allah terjadi padaku” (HR Tirmidz)

Dalam riwayat Abu Dawud berbunyi:

من قالها ﺛﻼﺙ ﻣﺮاﺕ، ﻟﻢ ﺗﺼﺒﻪ ﻓﺠﺄﺓ ﺑﻼء، ﺣﺘﻰ ﻳﺼﺒﺢ، ﻭﻣﻦ ﻗﺎﻟﻬﺎ ﺣﻴﻦ ﻳﺼﺒﺢ ﺛﻼﺙ ﻣﺮاﺕ، ﻟﻢ ﺗﺼﺒﻪ ﻓﺠﺄﺓ ﺑﻼء ﺣﺘﻰ ﻳﻤﺴﻲ

Artinya:
“Barang siapa membacanya tiga kali, maka ia terhindar dari musibah mendadak hingga pagi. Dan barang siapa membacanya ketika pagi 3 kali maka ia terhindar dari musibah mendadak hingga sore”.

Doa Terhindar dari Penyakit Stroke (Rihul Ahmar)

Selain Falij, stroke juga bisa diterjemahkan sebagai Rihul ahmar, nama lain dalam Bahasa Arab. Penyakit ini biasa menyerang usia lanjut dan sering dikaitkan lebih luas dengan penyakit kencing manis, darah tinggi, darah pekat (polisitemia)dan sakit jantung.

Penyakit ini dikaitkan pula dengan saluran darah dalam otak pecah atau tersumbat oleh darah beku, atau kolesterol yang menyekat darah menuju kepada sel-sel otak.

Dalam riwayat para ahli hikmah disebutkan tentang awal mula rihul ahmar itu. Suatu ketika, cucunda Nabi Muhammad Saw sedang menghidap penyakit rongga sehingga menyebabkan darah keluar dari mulu mulianya.

Para sahabat dan Rasullulah Saw. sendiri telah mendengar berita tentang penyakit yang sedang diderita oleh Sayyidina Hassan a.s tersebut. Tiba-tiba malaikat Jibrail a.s datang menemui baginda Rasullulah Saw. memberitahu cucu baginda yang sedang terserang penyakit Rihul Ahmar (angin ahmar) itu.

Baginda Nabi Muhammad bertanya :
"Wahai Jibril, adakah obat untuknya?”
"Ada!" Jawab Jibril .

Malaikat Jibril pun menghilangkan diri sebentar. Kemudian ia muncul dan berkata :

"Bahawasanya Allah Swt. telah memberikan anugerah kepada tuan satu hadiah mustajab. Barangsiapa membacanya, biarpun sekali seumur hidupnya, nescaya dia terselamat daripada Rihul Ahmar."

1 2 3

1. Share jika postingan Tentangdoa.com bermanfaat.
2. Ketik "Qobiltu" jika doa yang Anda amalkan mengharuskannya.
3. Jika berhasil, ucapkan terimakasih dengan kirim pulsa ke admin.