Doa Sakit Gigi yang Diajarkan Rasulullah Lengkap

Doa Sakit Gigi yang Diajarkan Rasulullah Lengkap
Doa sakit gigi
Sakit gigi berlubang memang sangat menganggu. Banyak dari kita, karena tidak betah, harus mencari cara mengobati sakit gigi dengan cepat. Antibiotik sakit gigi misalnya, jadi cara meredakan sakit gigi walau hanya sementara.

Tentangdoa.com - Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Penyebab radang bisa bermacam-macam, di antaranya adalah karena pembusukan gigi yang kerap diakibatkan oleh permukaan gigi berlubang. Penumpukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri itulah yang menyebabkan gigi kita sakit.

Yang harus kita lakukan saat sakit gigi ya tentunya berusaha mengobatinya sesegera mungkin, jika perlu berobat ke dokter.

Secara tradisional, jika gigi sakit karena berlubang, akar pandan yang masih muda bisa dijadikan obat. Celupkanlah akar pandan tersebut pada air putih dan teteskan pada gigi yang berlubang. InsyaAllah ulat giginya keluar.

Selain berusaha dengan berobat ke dokter dan juga akar pandan di atas,  kita juga harus berdoa memohon kepada Allah Swt. agar sakit gigi yang sedang diderita cepat dhilangkan oleh Allah Swt.

Percayalah, ayat Al-Qur’an ternyata juga mampu mengatasi banyak penyakit seperti penyakit medis, sakit gigi. Firman Allah Swt. dalam Al-Qur’an terdapat di surat Al-Isra’ ayat 82 yang isinya sangat indah:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya:
“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zhalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (QS. al-Isra’ : 82)

Apabila sudah melakukan pengobatan medis, maka tidak ada salahnya untuk membantu pengobatan dengan cara mendengarkan ataupun dengan membaca surat Al-Haysr ayat 21-24 di bawah ini:

لَوْ أَنزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ () هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ۖ هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ () هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ () هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya:
“Sekiranya Kami turunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka berpikir. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS. al-Haysr : 21-24)

Cara Mengamalkan Surat Al-Hasyr Ayat 21-24 untuk menyembuhkan berbagai penyakit fisik serta mental, seperti sakit gigi adalah:

“Bacalah surat Al-Hasyr ayat 21-24 setiap hari (istiqamah) pada saat pagi, sore maupun malam hari.”

Bisa menambah dengan selalu mendengarkan Mp3 surat Al-Hasyr ayat 21-24 saat akan beristirahat, seperti tidur di siang ataupun di malam hari. Dengan mendengarkan surat tersebut serta memahami isinya, maka insyaAllah sel dalam tubuh akan menjadi kuat serta penyakit akan semakin melemah. Ini bagian dari cara mengobati sakit gigi dengan ruqyah ayat Al-Qur’an.

Apabila hendak ingin meminum obat yang sudah diberikan dokter, maka caranya dengan memegang obat tersebut lalu kemudian membaca surat Al-Hasyr yang disusul dengan kalimat tauhid serta sholawat Nabi minimal 7 kali serta niatkan hati untuk memohon kesembuhan pada Allah. InsyaAllah obat akan menjadi lebih mantap.

1. Doa Sakit Gigi dari Rasulullah

Ketika sedang sakit gigi dan gusi Rasullullah saw menganjurkan untuk membaca doa berikut ini.


 ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ,ثَلاَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya:
"Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim)

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan Asbabul Wurud (penyebab atau peristiwa yang melatar belakangi) hadits ini. Ceritanya, suatu hari, ada seseorang sahabat Rasulullah Saw. yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya. Ia bernama Utsman bin Al-Ash r.a yang merasakan sakit sejak ia masuk islam. Lalu, Nabi Muhammad Saw. menjawab dengan redaksi hadist tadi.

Dari keterangan hadits di atas, maka cara menyembuhkan sakit dengan cepat menggunakan doa dari Rasulullah itu adalah:

  1. Menempelkan tangan di bagian gigi yang sakit
  2. Membaca Basmallah (Bismillah) 3x
  3. Kemudian membaca doa dibawah ini, yakni doa sakit gigi itu.
أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Baca:
A'uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa 'ajidu wa'uhaadziru.

Artinya:
"Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan".

2. Doa Meredakan Sakit Gigi dengan Cepat

Baca doa sakit gigi di bawah ini hingga tiga kali dengan menaruh tangan pada gigi Anda yang terasa sakit.

بسم الله اللهم أذهب عني شر ما أجد بدعوة نبيك الطيب المبارك المكين عندك

Baca:
Bismillaahi Allaahumma Adzhib 'Annii Syarro Maa Ajidu Bi Da'wati Nabiyyika Atthoyyibi Almubaaroki Almakiini 'Indaka

Artinya:
Ya Allah hilangkanlah dariku keburukan dari apa yang ku rasakan dengan permintaan NabiMu yang mempunyai pengaruh dan diberkati disisiMu.

Doa di atas berdasarkan keterangan hadits Rasulullah yang berbunyi:

 (حديث مرفوع) حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُمَرَ بْنِ جَبَلَةَ ، حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ النُّعْمَانِ ، عَنْ كَثِيرٍ أَبِي الْفَضْلِ ، قَالَ : أَخْبَرَنِي أَبُو صَفْوَانَ ، شَيْخٌ مِنْ أَهْلِ مَكَّةَ ، عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ ، قَالَتْ : خَرَجَ عَلَيَّ خُرَّاجٌ فِي عُنُقِي ، فَتَخَوَّفْتُ مِنْهُ ، فَأَخْبَرْتُ بِهِ عَائِشَةَ ، فَقَالَتْ : سَلِي النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , قَالَتْ : فَسَأَلْتُهُ ، فَقَالَ : " ضَعِي يَدَكِ عَلَيْهِ ، ثُمَّ قُولِي ثَلاثَ مَرَّاتٍ : بِسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنِّي شَرَّ مَا أَجِدُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الطَّيِّبِ الْمُبَارَكِ الْمَكِينِ عِنْدَكَ بِسْمِ اللَّهِ ، قَالَتْ : فَفَعَلْتُ ، فَانْحَمَصَ

(Lihat: Makarim Al-Akhlaaq, hadits no: 1039)

3. Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat dengan Amalan.

Dikisahkan, dahulu ada seorang  yang ahli mengobati sakit gigi di Basroh (iraq), namun ia tidak pernah  mau berbagi /memberitahukan cara pengobatannya pada sesama. Kemudian  ketika ia akan wafat, maka ia berkata pada yang hadir saat itu:

"Bawakan  aku alat tulis (pena dan lembaran), aku akan menuliskan tips untuk  mengobati sakit gigi, agar bisa dimanfaatkan sesama, dan saat ini aku  tak lagi menyembunyikan ilmu ini, barangsiapa yang menyembunyikan ilmu ini ketika dibutuhkan orang yang mengalami sakit gigi, semoga Allah merantainya dengan rantai dari api neraka.

Ia mengatakan, “ketika aku mengobat orang  yang sakit gigi, maka aku mengobatinya dengan huruf-huruf berikut”:

  المص طسم كهيعص حمعسق
 الله لا اله الا هو رب العرش العظيم، اسكن بالذى إن يشأ يسكن الرياح فيظللن رواكد على ظهره.
  وله ماسكن فى الليل والنهار وهو السميع العليم

Silakan tulis teks di atas di piring keramik atau kaca polos,  luruhkan, guyur dengan air, kemudian dibuat untuk kumur-kumur, diminum. InsyaAllah mujaraab.

Sumber keterangan ini ada di Kitab Al-Dzahabu Al-Abroz, halaman 26, selengkapnya, teksnya kami sertakan berikut ini:

رقية لوجع الضرس
قيل كان فى البصرة رجل يرقى الضرس وكان يبخل ان يعرف الناس رقيته، فلما  حضرته الوفاة قال لمن حضره : قدم الي دواة وقرطاسا اكتب فييه لك ما كنت  ارقى به الضرس لينتفع الناس به واتخلص من كتمانه، فمن كتم علما عند من  اصابه المرض الجمه بلجام من نار، فاذا رايت من به مرض فأرق له بهذه الحروف :  المص طسم كهيعص حمعسق
١_ الله لا اله الا هو رب العرش العظيم، اسكن بالذى إن يشأ يسكن الرياح فيظللن رواكد على ظهره.
٢_ وله ماسكن فى الليل والنهار وهو السميع العليم

4. Menghilangkan Sakit Gigi dengan Sholat Waja’al Adlros.

Solusi dan do'a untuk sakit gigi bisa dilakukan dengan sholat sunnah. Diriwayatkan dari sahabat Abi Dzarrin radhiyallahu 'anhu.

  الرابعة عشرة : صلاة وجع  الاضراس وهى ركعتان بين المغرب والعشاء ويقرأ الفاتحة فى كل ركعة مرة وقل  ياايها الكافرون وإذاجاء نصر الله والاخلاص والمعوذتين ،كل واحد مرة مرة .  لا يرى وجع الاضراس .  يروى هذا عن ابى ذر رضى الله عنه أنه اشتكى اليه  أبو ذر وجع الاضراس فعلمه عليه الصلاة والسلام هذه الصلاةفقال صلها كل ليلة  فإنك لا تشتكى بعدها وجع الاضراس ، فقال أبو ذر فصليتها فما اشتكيت بعدها.    ا.ه خزينة الاسرار ص: ٤٠

Bahwa ia  pernah mengalami sakit gusi/gigi, kemudian Nabi Saw. mengajarinya untuk melakukan sholat sunah dua raka'at. Rosulullah Saw. bersabda: lakukanlah sholat seperti demikian, niscaya engkau tak akan mengalami sakit gigi lagi sesudahnya. Abu dzarrin menyatakan: aku laksanakan sholat tersebut, maka tidak pernah aku sakit gigi sesudahnya. (Lihat: Kitab Khozinatul Asror, hlm. 40).

Tatacara praktisnya:
  1. Sholat sunah Waja'al Adlros dilakukan dua roka'at.
  2. Lakukan dengan niat sholat sunah biasa saja/sunah muthlaq, dan sholatnya dikerjakan di antara waktu Maghrib dan Isya’, sesuai riwayat di atas.
  3. Adapaun lafadz niat sholatnya adalah:
 اصلي سنة ركعتين لله تعالي

Baca:
Usholli sunnatan rok’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:
Saya niat sholat sunah dua roka'at karna Allah.

Bacaan pada rakaat pertama dan kedua sama, yakni:
  • Al-Fatihah
  • Surat Al-Kafiirun 1 kali  (قل ياايها الكافرون )
  • Surat An-Nashr 1 kali (إذاجاء نصر الله )
  • Surat Al-Ikhlas 1 kali
  • Surat Al-Falaq 1 kali
  • Surat An-naas 1 kali.

Setelah sholat, berdo'alah kepada Allah Saw. dengan bahasa yang Anda pahami, agar Allah mengangkat penyakit dan menyembuhkannya. Lakukanlah sholat sunnah tersebut hingga minimal 3 hari ke depan. Dan selama mengamalkan sholat tersebut, jangan lupa sakit gigi. InsyaAllah segera disembuhkan oleh Allah Swt.

Dalam Islam, doa sakit gigi itu bersanad hingga Rasulullah. Ada caranya, ada riwayat haditnya pula. Jika tak kunjung reda, silakan obati dengan herbal minyak telur. DISINI. (tentangdoa.com)

1. Share jika postingan Tentangdoa.com bermanfaat.
2. Ketik "Qobiltu" jika doa yang Anda amalkan mengharuskannya.
3. Jika berhasil, ucapkan terimakasih dengan kirim pulsa ke admin.