3 Doa Menghadapi Kesulitan Hidup Sesuai Wasiat dan Sunnah Rasulullah Saw
Cari Doa

Advertisement

3 Doa Menghadapi Kesulitan Hidup Sesuai Wasiat dan Sunnah Rasulullah Saw

Tengtangdoa.com
Rabu, 21 Agustus 2019

doa menghadapi kesulitan keuangan dan pekerjaan
Doa menghadapi kesulitan hidup dalam ekonomi, pekerjaan, rumahtangga, ujian sekolah maupun dengan sahabat dan tetangga karena perbedaan paham. Foto: istimewa.

Tentangdoa.com - Setiap manusia pasti pernah mengalami kesulitan. Entah kesulitan itu besar atau kecil, yang jelas kita pasti pernah mengalami.

Kesulitan datang sebab banyak hal. Adakalanya sebab kesalahan kita, kesalahan orang lain, atau sebab takdir ilahi sebagai cobaan. Intinya kesulitan adalah cobaan. Dan kita harus menghadapi selama kita mampu.

Masalah yang dihadapi anak kecil berbeda dengan orang tua. Para remaja mengalami problematika yang jauh berbeda dengan mereka yang sudah berusia kakek nenek. Kita bisa dengan mudah melihat contoh beberapa masalah yang dihadapi oleh tiap-tiap kategori usia pada umumnya.

Anak-anak contohnya. Mereka berputar pada bagaimana memiliki mainan yang disukai, makan makanan yang disenangi, dan selesai mengerjakan tugas sekolahnya. Ketika sudah besar menjadi remaja, masalahnya pun akan berbeda lagi, misalnya mencari calon istri atau suami.

Baca: Doa dan Amalan Agar Cepat Bayar Hutang Menggunung dan Mudah Melunasinya

Pasangan muda yang baru nikah pun punya persoalan, seperti: ingin punya momongan (anak), ingin memiliki pekerjaan, ingin kendaraan, dan pingin rumah. Orang tua pun lebih kompleks lagi, misalnya: bagaimana mengatasi kesulitan keuangan, bisnisnya agar lancar, kalau sedang sakit ingin sembuh dan sebagainya.

Berbeda lagi dengan mereka yang sudah berusia senja atau kakek-nenek. Mereka ingin hidup bersama-sama dengan anak-anaknya, ingin sehat badannya, dan ingin husnul khatimah di akhir hayatnya.

Yang penting apabila kita mengalami kesulitan jangan sampai putus asa. Yang paling baik adalah mengembalikan kepala Allah Swt saja semua masalah kita. Dengan begitu hati akan tenang dan damai.

Untuk keluar dari permasalahan ini, seorang hamba tentu saja tak boleh berhenti berusaha, berdoa dan bertawakal. Ketika hidup terasa susah dan sulit, hendaklah membaca doa ini setiap pagi dan sore. Pilihan doanya adalah:

1. Doa Menghadapi Kesulitan Hidup


يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ، أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرَفَةَ عَيْنٍ

Baca:
Yaa hayyu, yaa qayyuum, birahmatika astaghiitsu, ashlihli syani kullah wa laa takilni ilaa nafsi tharfata ‘ain

Artinya:
Wahai Zat yang Maha hidup, Wahai Zat yang terus menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan. Perbaikilah seluruh urusanku dan janganlah Engkau serahkan kepadaku meski hanya sekejap mata

Ini merupakan doa yang diajarkan Rasulullah saw. kepada putrinya, Fatimah ra. sebagaimana diriwayatkan Imam Thabrani.

2. Doa Menghadapi Kesulitan Hidup Berat 


لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Baca:
Laa Ilaha Illaa Anta Subhaanaka Inni Kuntu Minadz-dzalimin.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sungguh aku adalah termasuk orang-orang yang dzhalim" (QS. Al-Anbiya 87).

3. Doa Menghadapi Kesulitan Besar


اللهم لا سهل إلأ ما جعلته سهلا وأنت تجعل الحزن إذا شئت سهلا

Baca:
Allaahumma Laa Sahla Illaa Maa Ja’altahu Sahlaa Wa Anta Taj’alul Hazna Idzaa Syi’ta Sahlaa

Artinya :
"Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

doa ketika menghadapi kesulitan saat ujian sesuai sunnah
Doa menghadapi kesulitan besar dan berat dalam hidup.

Doa tersebut bersumber dari hadis riwayat Ibnu Hibban. Dalam doa tersebut, pertama kita memuji Allah Swt. Hanya Dia yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada yang sulit bagi-Nya untuk memberi solusi atas kesulitan atau kesusahan yang dihadapi seorang hamba.

Teruslah berdoa dan juga bersabar menanti pertolongan-Nya. Semoga doa tersebut bermanfaat untuk teman-teman serta bisa dibaca atau dihafal dengan baik.

Demikian 3 macam doa saat menghadapi keseulitan hidup yang berat dan besar, baik soal ekonomi, rumah tangga, pekerjaan, hutang, maupun ujian sekolah dan kampus. (tentangdoa.com - ab)