Doa Agar Tawakal Kepada Allah - Termasuk Jodoh dan Pemeriksaan
Cari Doa

Advertisement

Doa Agar Tawakal Kepada Allah - Termasuk Jodoh dan Pemeriksaan

Tengtangdoa.com
Selasa, 27 Agustus 2019

Selain ikhtiar, umat Islam diperintahkan tawakal kepada Allah Swt. Ada doa tawakal yang terkenal dengan awalan Bimillahi Tawakkalku alaAllah. Bacaan tawakal kepada Allah tersebut kita lakukan sebagai berserah diri sepenuhnya kepada Allah, baik dalam urusan jodoh atau lainnya.

Tentangdoa.com - Doa Tawakkal ini patut kita baca karena kita semua adalah hamba yang lemah. Segala urusan apa saja, semua akan kembali pada Allah Swt. Ini harus kita sadari bersama.

Tawakkal dalam segala urusan memang selayaknya kita lakukan. Jangan sampai tawakal hilang dari ingatan kita. Sebab kita lebih banyak dan lebih sering mengandalkan usaha kita sendiri. Seakan keberhasilan kita semata mata dari usaha kita. Padahal hakikatnya bukan seperti itu.

doa dan tawakal dalam bekerja dan jodoh
Doa agar terus bertawakal kepada Allah Swt. Foto: istimewa.

Tawakkal itu artinya pasrah. Pasrah tidak harus menunggu usaha sampai akhir, tapi sebelum usaha juga perlu tawakal. Apakah kita tidak boleh usaha?

Bukan seperti itu. Kita tetap usaha. Akan tetapi yang menentukan keberhasilan usaha kita bukan kita, tapi Allah Swt. Dengan adanya pasrah hati atas usaha kita, termasuk Tawakkal.

Allah Swt suka dengan orang orang yang Tawakkal. Orang yang Tawakkal sama saja menganggap keberadaan tuhan. Tuhan menjadi penentuan segala perbuatan kita. Dan kita tidak memaksa tuhan menuruti kehendak kita. Apabila hati kita sudah bisa melakukan seperti itu maka otomatis kita sudah ingat tuhan.

Berikut adalah doa tawakal kepada Allah Swt atas apa yang sudah kita lakukan.

Doa Bertawakkal Kepada Allah:


رَّبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَٱغْفِرْ لَنَا رَبَّنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ


Baca:
Rabbanaa alaika tawak kalnaa wa ilaika anabnaa wa ilaikal masir Rab banaa laa tajalnaa fitnatal lazina kafaruu wagfirlanaa rab banaa in naka antal azizul hakim

Artinya:
"Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal, hanya kepada Engkaulah kami bertaubat, dan hanya kepada Engkaulah kami kembali. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami. Sungguh hanya Engkau Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana". (QS. Al-Mumtahanah: 4-5).

Demikianlah doa tawakal kepada Allah yang itu sama artinya dengan ikhtiar doa tawakal atas takdir (ketentuan) Allah Swt. (tentangdoa.com - ab)