Doa Agar Terhindar dari Sifat Dengki dan Jauh dari Bahaya Orang Dengki
Cari Doa

Advertisement

Doa Agar Terhindar dari Sifat Dengki dan Jauh dari Bahaya Orang Dengki

Tengtangdoa.com
Selasa, 27 Agustus 2019

Doa terhindar dari sifat dengki ini perlu diperbanyak dalam setiap momen kita berdoa, dan dalam pelbagai kesempatan apapun itu. Selain itu, doa agar terhindar dari sifat iri dan dengki adalah bagian dari usaha kita mengikuti perintah Rasulullah Saw.

Tentangdoa.com - Bahaya sifat iri dengki bukan hanya menghapus amal baik, tapi bisa mengarah pada perbuatan buruk mencaci maki dan bahkan pertengkaran.

Dengki dan hasud adalah penyakit hati yang bisa merusak jalannya kehidupan. Kehidupan orang dengki selalu benci apabila ada orang lain punya nikmat. Dan bahkan apabila tidak terkontrol rela melakukan apa saja agar orang yang dibenci itu bisa hancur.

Padahal orang yang dibenci itu tidak punya kasus dengan dirinya, hanya saja hati terasa panas saat melihat kenikmatan orang lain.

doa agar terhindar dari orang dengki
Doa agar terhindar dari sifat iri dan jauh dari orang dengki. Foto: istimewa.

Contoh, ada tetangga punya mobil baru. Melihat tetangga punya mobil baru, hati terasa panas dan terbakar. Seakan dia tidak rela bila tetangganya punya kendaraan baru. Lantas membuat isu kalau tetangga sebelah punya pesugihan tuyul hingga bisa kaya dan beli mobil. Padahal cerita itu semuanya adalah karangan belaka.

Inilah bahayanya dengki dan hasud. Bahkan pembunuhan qobil pada habil yang terjadi pertama kali di muka bumi ini disebabkan iri, dengki, dan hasud. Hingga rela membunuh saudara sendiri gara gara rebutan wanita.

Rasulullah Saw. bersabda:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ، فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تأكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ

Artinya:
"Sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: "Jauhilah sifat hasad (iri dan dengki) karena sesungguhnya hasad dapat memakan kebaikan sebagaimana api memakan (membakar) kayu bakar". (HR. Abu Daud).

Untuk menghindari sifat dengki dan iri, paling tidak, lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Tumbuhkan perasangka baik,
  2. Menyadari kesia-siaan hasad,
  3. Memelihara sifat rendah hati,
  4. Selalu mengingat kebesaran Allah Swt.,
  5. Rajin membantu orang lain yang membutuhkan,
  6. Banyak beribadah,
  7. Rajin bersilaturrahmi,
  8. Banyak bersyukur,
  9. Menumbuhkan rasa saling menghormati,
  10. Dahulukan kepentingan umum.

Doa agar tidak dengki sudah sepatutnya kita baca tiap hari agar hati yang mudah berubah-ubah ini diberi keselamatan dari sifat dengki dan hasud. Karena sifat ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Semoga kita semua diberi keselamatan dari iri dan dengki.

Doa terhindar dari sifat iri dan dengki (dari Al-Qur'an):


رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Baca:
Rabbanagfir lanaa wali ikwaa ninal lazina sabaquunaa bil imaani wa laa tajal fi quluubinaa gilal lil lazina aamanu rab banaa in naka rauufur rahim.

Terjemah:
"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan dosadosa saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang". (QS. Al-Hasyr 10).

Doa terhindar dari sifat iri dan dengki (dari Sayyid Muhammad Al-Maliki):


اَللَّهُمَّ اعْصِمْنَا مِنْ شَرِّ اْلفِتَنِ، وَعَافِنَا مِنْ جَمِيْعِ اْلبَلَايَا وَاْلمِحَنِ، وَأَصْلِحْ مِنَّا مَا ظَهَرَ وَمَا بَطَنَ، وَنَقِّ قُلُوْبَنَا مِنَ اْلغِلِّ وَاْلحِقْدِ وَاْلحَسَدِ، وَلاَ تَجْعَلْ عَلَيْنَا تَبِعَةً لَأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ يَا اَرْحَمَ اْلرَّاحِمِيْنَ.

Baca:
Allahumma’shimna min syarril fitani wa ‘afina min jami’il balaya wal mihani wa ashlih minna ma dzaharo wama bathona wa naqqi qulubana minal ghilli wal hiqdi wal hasadi wala taj’al ‘alaina tabi’atan li ahadin min kholqika ya arhamar rohimin.

Artinya:
"Ya Allah, jagalah kami dari kejahatan segala fitnah, selamatkanlah kami dari segala bencana dan cobaan, perbaikilah dari kami apa yang lahir dan yang batin, bersihkanlah hati kami dari iri serta dengki. Dan jangan jadikan kami  pengikut salah satu dari makhluk-Mu, wahai Zat yang Paling Penyayang di antara semua penyayang". (Lihat Kitab Abwabul Faraj karya Sayid Muhammad bin Alwi Almaliki Alhasani)

Demkian doa agar terhindar dari sifat iri dan dengki yang tiap hari bisa mengancam kita semua. Semoga terhindar dari semua sifat buruk tersebut. (tentangdoa.com - ab)