Doa Bersin Beserta Artinya, Jawaban Doanya Serta Adabnya
Cari Doa

Advertisement

Doa Bersin Beserta Artinya, Jawaban Doanya Serta Adabnya

Tengtangdoa.com
Selasa, 20 Agustus 2019

doa bersin dan artinya - doa ketika bersin beserta artinya
Adab ketika bersin, doa ketika bersin, mendoakan orang bersin karena bersin bagian dari nikmat Allah Swt. Foto: istimewa.

Tentangdoa.com - Di antara bukti lemahnya manusia adalah mudah terkena penyakit. Mulai yang berat hingga yang ringan seperti bersin-bersin. Meski begitu, bersin adalah kenikmatan dari Allah Swt.

Menurut Ilmu Kedokteran, bersin adalah aktivitas mengeluarkan semacam ganjalan pada hidung yang membuat pelakunya merasakan lega/kesegaran. Ketika bersin aktivitas jantung berhenti sejenak.

Jantung sebagai pusat nyawa apabila berhenti bisa membuat tubuh mati. Akan tetapi saat bersin tidak mengalami kematian. Untuk itu kita wajib bersyukur karena masih diberi kehidupan setelah bersin. Karena itulah, Islam mengajarkan adab ketika kita bersin.

Inilah adab ketika bersin.

1. Merendahkan suaranya dan jangan menyengajakan untuk mengeraskan suara bersin. Hal tersebut berdasarkan hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ.

Artinya:
"Bahwasanya apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersin, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya." (HR. Ahmad, Al-Hakim, Abu Dawud dan Tirmidzi)

2. Tidak menolehkan/menekuk leher ke kanan atau ke kiri ketika sedang bersin agar tidak membahayakan (kaku leher). Bila menolehkan leher dimaksudkan agar tidak mengenai teman duduk di sampingnya, hal itu tidak menjamin bahwa lehernya tidak cedera.

3. Mengucapkan alhamdulillah sesudah ia selesai bersin. Dan tidak disyariatkan kepada orang-orang yang ada di sekitarnya untuk serta merta mengucapkan pujian kepada Allah (menjawabnya) ketika mendengar orang yang bersin.

Khusus untuk masalah bersin ini, ternyata ada do’a yang bisa kita amalkan saat bersin, dan ada juga do’a saat mendengar orang bersin.

Doa bersin sendiri adalah doa yang dibaca oleh kita ketika selesai melakukan bersin. Bagi yang habis bersin disunnahkan pula berdoa. Kemudian, bagi yang disamping dan mendengarkan orang bersin, dia dianjurkan menjawab doa dari orang yang selesai bersin.

Doa Ketika Bersin:


اَلْحَمْدُ ِللهِ

Baca:
Alhamdu Lillaahi

Artinya:
"Segala Puji Bagi Allah"

Selanjutnya, yang mendengarkan doa di atas jawab dengan doa di bawah ini.

يَرْحَمُكَ اللهُ

Baca:
Yarhamukallahu

Artinya:
"Semoga Allah memberi rahmat kepadamu"

Kemudian, orang bersin menjawab dengan doa di bawah ini.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Baca:
Yahdikumullahu Wayuslihu Balakum

Artinya:
"Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu"

Demikianlah adab dan doa bersin yang telah diatur sedetail rupa dari Rasulullah Saw. (tentangdoa.com - ab)