Doa Bulan Ramadhan Hari ke-30 - Puasa Terakhir
Cari Doa

Advertisement

Doa Bulan Ramadhan Hari ke-30 - Puasa Terakhir

Tengtangdoa.com
Sabtu, 17 Agustus 2019

ramadhan selain hari ke 7, ke 28, ke 21
Doa Ramadhan terakhir di hari ke 30. Foto: istimewa.

Doa Ramadhan terakhir atau hari 30 ini diriwayatkan dari hadits Rasulullah. Selain doa-doa Ramadhan, ada doa malam Lailatul Qadar yang juga disunnahkan untuk diamalkan.

Tentangdoa.com - Memasuki bulan Ramadhan merupakan hari sangat menyenangkan. Pada bulan ini segenap umat Islam menjalankan puasa selama sebulan penuh mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari. Bagi yang menjalankan puasa, harus menahan haus, lapar, dan nafsu pada siang ramadhan.

Ketahuilah bahwa pada bulan ini amal sholeh apa saja, akan dilipat gandakan. Baik berbentuk badaniyah maupun maliyah (harta). Hal ini disebabkan keutamaan bulan Ramadhan sebagai bulan pembakaran jiwa agar kelak usai menjalani puasa menjadi jiwa jiwa yang suci.

Sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadis, bahwa pada bulan Ramadhan pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup.

اِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ اَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ اَبْوَابُ النَّارِوَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ

Artinya:
"Jika tiba bulan Ramadhan, maka dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu semua etan". (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa Ramadhan Terakhir

Pembukaan pintu surga menunjukkan bukti bahwa siapa saja yang menjalankan ibadah puasa dengan iman dan mengharap rahmat dari Allah SWT. maka jaminan baginya surga.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:
"Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (ridha Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu" (HR. Bukhari).

Pada hari hari ramadhan juga disunnahkan untuk berdoa sesuai dengan hari Ramadhan.

Doa bulan Ramadhan hari ke-30 adalah:


اَللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِيْ فِيْهِ بِالشُّكْرِ وَ الْقَبُوْلِ عَلَى مَا تَرْضَاهُ وَ يَرْضَاهُ الرَّسُوْلُ مُحْكَمَةً فُرُوْعُهُ بِالأُصُوْلِ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ‏


Artinya:
"Yaa Allah! Jadikanlah puasaku disertai dengan syukur dan penerima ai atas jalan keridhoan-Mu dan keridhoan Rasul. Cabang-cabangya kokoh dan kuat berkat pokok-pokoknya. Demi kenabian Muhammad dan keluarganya yang suci, dan segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam". (tentangdoa.com - ab).