Doa dan Amalan Agar Selamat dari Siksa Kubur, Neraka Serta Terhindar dari Fitnah Dajjal
Cari Doa

Advertisement

Doa dan Amalan Agar Selamat dari Siksa Kubur, Neraka Serta Terhindar dari Fitnah Dajjal

Tengtangdoa.com
Selasa, 20 Agustus 2019

doa agar selamat dari siksa kubur - doa mohon selamat dari siksa kubur siksa neraka serta fitnah dajjal
Amalan dan doa agar selamat dari siksa kubur, fitnah dajjal dan wafat husnul khatimah. Foto: istimewa.

Tentangdoa.com - Siksa kubur adalah awal mula siksaan manusia setelah kematian. Alam kubur disebut sebagai alam barzakh, yakni alam penantian antara alam dunia dan alam akhirat.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۖ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Artinya:
"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan". (QS: Al-Ankabut: 57).

Tidak ada yang mengetahui kapan waktu kematian seseorang. Ada yang meninggal di waktu muda, ada yang di waktu tua, ada yang meninggal dalam kondisi sehat, dan adapula yang meninggal dalam keadaan sakit. Sebab itu, setiap manusia mesti menyiapkan bekal sebanyak-banyaknya agar meninggal dalam kondisi husnul khatimah.

Seluruh ulama sepakat bahwa kematian bukanlah akhir dari kehidupan. Kematian hanyalah pintu kehidupan berikutnya. Setelah meninggal dunia, manusia akan berhadapan dengan alam kubur dan hari kebangkitan.

Ketika di dalam kubur, manusia akan ditanya mengenai amal yang dilakukannya selama hidup di dunia. Orang yang melakukan amal baik diberi kemudahan dalam menjawab pertanyaan dan diberi kenikmatan dalam kuburan. Sementara orang yang tidak pernah melakukan amal baik diberi siksaan berupa azab kubur.

Baca: Doa dan Amalan Agar Cepat Bayar Hutang Menggunung dan Mudah Membayarnya

Makanya siksa kubur memang benar benar adanya. Hanya orang-orang munafiq saja yang tidak mempercayai siksa kubur. Sudah banyak kisah manusia mengalami adzab saat kematian. Seperti kuburan menyempit, jenazah dilipat ular, liang kubur banjir, dan lainnya, menunjukkan bahwa siksa kubur benar-benar ada. Dan itu sudah banyak diinformasikan dalam Al-Quran maupun Hadist Rasulullah.

Apabila di alam kubur tidak selamat dari siksaan, maka kelak di akhirat juga tidak akan selamat dari siksaan. Sebaliknya, bila di alam kubur selamat, kelak di akhirat akan selamat.

Rasulullah SAW bersabda, "Alam kubur merupakan tempat singgah pertama dari tahapan akhirat. Kalau seorang hamba berhasil melewati tahapan tersebut, dia akan sukses dan mudah melalui tahapan berikutnya. Apabila gagal, tahapan berikutnya pasti lebih berat" (HR: Al-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Kewajiban kita hanya mengimani saja dan bersiaga agar selamat dari siksa kubur sangat penting. Yakni dengan melakukan banyak amal shaleh, rajin ibadah, dan melaksanakan amalan-amalan wajib maupun sunnah.

Orang Islam yang melakukan dosa kelak akan mendapatkan balasan dengan siksa. Siksaan pada manusia sebagai proses pensucian dosa, sehingga apabila sudah bersih kelak akan diangkat dari neraka menuju surga. Inti atau kunci masuk surga adalah kalimat syahadat. Sebesar apapun dosa itu apabila di dalam lubuk hati terdapat iman, Insyaallah tidak akan langgeng di neraka. Beda dengan kondisi orang kafir.

Baca: Wifiq Doa Agar Berwibawa dan Berkharisma Tinggi

Apabila kita ingin selamat dari siksa kubur, maka biasakan baca surat Al-Mulk tiap malam. InsyaAllah kelak selamat adri siksa kubur. Selain itu, agar terhindar dari siksa kubur, Imam Abu Laits As-Samarqandi (dalam Kitab Tanbihul Ghafilin) juga mengingatkan agar melakukan memperbanyak amalan di bawah ini selama hidup, yakni:

1. Menjaga shalat 
Maksudnya orang yang tidak pernah meninggalkan shalat dan mengerjakannya tepat waktu. Menjaga shalat juga bisa diartikan dengan tidak mengerjakan perbuatan yang dilarang Tuhan.

2. Memperbanyak sedekah
Manusia di dunia ini tidak bisa hidup sendiri. Dalam menjalani kehidupan ada yang diberi rejeki banyak dan ada yang sedikit. Sedekahkanlah harta yang kita miliki sebagai bentuk rasa syukur dan bentuk kepeduliaan terhadap sesama.

3. Memperbanyak baca Al-Qur’an 
Pahala membaca al-Qur’an sangatlah banyak. Bayangkan satu huruf saya dihargai dengan sepuluh pahala, dan terakhir

4. Memperbanyak dzikir dan tasbih.

Selain amalan dia atas, kita juga disarankan untuk selalu berdoa agar selamat dari siksa kubur. Doa yang ada di bawah sangat baik apabila dibaca setelah shalat.

Doa Selamat dari Siksa Kubur dan Fitnah Dajjal:


اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَشَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ


Baca:
Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qobri, wa ‘adzabin naar, wa fitnatil mahyaa wal mamaat, wa syarri fitnatil masihid dajjal

Artinya:
"Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, penyimpangan ketika hidup dan mati, dan kejelekan Al-Masih Ad-Dajjal". (HR. Muslim).

Demikian Doa dan Amalan Agar Selamat dari Siksa Kubur, Neraka dan Terhindar Fitnah Dajjal supaya bisa diamalkan dengan baik oleh kita semua. (tentangdoa.com - ab)