Doa Saat Ditimpa Musibah Berat - Agar Masalah Cepat Berlalu
Cari Doa

Advertisement

Doa Saat Ditimpa Musibah Berat - Agar Masalah Cepat Berlalu

Tengtangdoa.com
Selasa, 20 Agustus 2019

doa terhindar dari musibah alam - doa ditimpa musibah berat
Teruslah ketika tertimpa musibah dan agar masalah segera berlalu, sebagaimana perintah Allah Swt. dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 153. Foto: istimewa. 

Tentangdoa.com - Seseorang tidak akan terlepas dari keadaan senang dan sedih. Senang bila mendapatkan karunia nikmat dan susah bila tertimpa musibah. Permasalahannya, bagaimana kita dapat menguasai diri pada saat kita dihadapkan suatu musibah.

Allah Swt. berfirman,

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Artinya:
"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar". (QS. Al Baqarah: 155)

Musibah banyak sekali macamnya. Bisa banjir, tanah longsor, tabrakan, kebakaran, meninggal dunia, dan lain lain. Hati yang lapang apabila berhadapan dengan musibah, tidak akan berperasangka buruk. Hati akan bilang ini adalah ujian. Dan ujian harus dihadapi dengan sabar dan tabah.

Kewajiban seorang muslim apabila tertimpa musibah adalah menganggap sebagai bagian dari takdirnya. Setiap hamba yang dicoba dengan macam musibah pasti ada hikmahnya. Dan hikmah itu dapat dipetik apabila dihadapi dengan ihlas dan rida.

Allah Swt mengajarkan kepada kaum beriman apabila terkena musibah agar memperbanyak kesabaran dan shalat, yaitu tetap sabar menjalankan perintah Allah Swt, sabar dalam meninggalkan larangan Allah Swt, dan sabar dalam menerima takdir dan ketentuan Allah Swt. Ini bunyi ajaran islam dari Al-Qur'an ketika kita menghadapi musibah,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar". (QS. Al-Baqarah: 153).

Nabi Muhammad Saw. mencontohkan kepada kita bila ada kesulitan atau musibah hendaknya kita sabar dan shalat. Rasulullah Saw. apabila ada kesulitan beliau shalat (HR. Abu Dawud).

Doa Atas Musibah



اِنَّا ِللهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ. اَللهُمَّ عِنْدَكَ اَحْتَسِبُ مُصِيْبَتِىْ فَأْجُرْنِىْ فِيْهَا وَاَبْدِلْنِىْ مِنْهَا خَيْرًا

Baca:
Innaa Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Rooji'Uuna. Alloohumma 'Indaka Ahtasibu Musiibatti Fa'Jurnii Fiihaa Wa Abdilnii Minhaa Khoiroo

Artinya:
"Sesungguhnya kami kepunyaan Allah dan kami kembali hanya kepada-Nya. Ya Allah pada-Mu aku memperhitungkan musibahku, maka berilah aku pahala dalam musibah itu dan berilah aku ganti yang lebih baik dari padanya".

Dalam hadits Shahih Muslim disebutkan bahwa barangsiapa membaca doa tersebut, niscaya Allah akan memberinya pahala dalam musibahnya dan memberinya ganti yang lebih baik daripadanya.

Doa tersebut juga menyiratkan pesan tentang hakikat kepemilikan yang seluruhnya dikembalikan kepada Allah sebagai Pemilik Sejati. Segenap musibah tak ada yang sia-sia, bahkan bisa berpahala, bila si penerima musibah mampu menyikapinya secara tepat.

Doa tertimpa musibah di atas dibaca saat kita dilanda sejumlah musibah berat dan barangkali, sangat beruntun tanpa terduaga. Musibah adalah cobaan bagi orang Islam. Bisa jadi dengan ujian itu derajat kita akan dinaikkan apabila lolos dari ujian itu.

Demikianlah penjelasan dan teks doa atas segala musibah berat agar masalah segera berlalu. Dan ketika sudah lolos, bacalah doa syukur berikut ini: Doa Syukuran Mendapatkan Nikmat Selain Ucapan Alhamdulillah. (tentangdoa.com - ab)