Doa Selamatkan Negara - Agar Makmur, Aman dan Damai
Cari Doa

Advertisement

Doa Selamatkan Negara - Agar Makmur, Aman dan Damai

Tengtangdoa.com
Selasa, 20 Agustus 2019

doa untuk kemakmuran negara
Doa keselamatann negara Indonesia - agar makmur, damai dan berkeadilan. Foto: istimewa.

Tentangdoa.com - Apabila negara kita aman jauh dari peperangan, maka ibadah akan aman, berbisnis aman, belajar aman, tidak ada gangguan apapun. Setiap orang pasti menginginkan itu. Hanya orang bodoh saja yang suka menginginkan perang.

Memiliki kampung halaman yang sejahtera dan aman adalah impian semua orang. Di beberapa negara, konflik dan perang menjadi makanan sehari-hari. Di beberapa negara yang lain, bencana alam senantiasa menerjang, mulai gempa bumi, tsunami, kemarau panjang dan lain sebagainya.

Kita jangan mau diadudomba dengan saudara kita sendiri. Tidak ada keuntungan sama sekali. Justru sang provokator sajalah yang senang. Anda bisa lihat sendiri.

Negara yang aman dan damai akan melahirkan hidup sejahtera. Gedung berdiri kokoh tanpa gangguan. Tanaman tumbuh subur tanpa kerusakan. Anak cucu kita akan selamat apabila negara aman.

Baca: Doa dan Amalan Agar Cepat Bayar Hutang Menggunung dan Mudah Membayarnya

Fanatisme golongan dan butanya mata dan hati salah satu penyebab munculnya peperangan. Hilangkan rasa Fanatisme golongan dan kepentingan ego pribadi. InsyaAllah akan diberi kemananan bangsa ini.

Al-Quran dalam QS. Ibrahim: 35 di bawah mengajarkan kita suatu doa yang sangat bermanfaat, yakni doa agar negara kita senantiasa diberikan keselamatan, baik dari konflik atau perang, maupun bencana.

رَبِّ اجْعَلْ هَـذَا الْبَلَدَ آمِناً وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ

Artinya:
"Ya Tuhanku, semoga Engkau menjadikan negeri ini, negeri yang aman, dan semoga Engkau pun berkenan menjauhkanku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala". (QS. Ibrahim: 35)

Doa agar negara aman di atas pernah dibaca nabi Ibrahim untuk kota Makkah. Makkah sekarang menjadi negeri aman dan damai, banyak rezeki makanan dan buah buahan.

Dalam sejarahnya, Nabi Ibrahim pernah beberapa kali pindah tempat tinggal. Mulai dari Babilonia pindah ke Suriah, pindah lagi ke Palestina. Lalu, Nabi Ibrahim pindah ke Makkah. Di sana, Nabi Ibrahim merasakan kebahagiaan dan mendapatkan berbagai nikmat yang tidak didapatkan di tempat lainnya. Tidak heran, jika Nabi Ibrahim sangat mencintai Makkah.

doa meminta keselamatan negara
Cinta tanah air bagian daripada iman. Agar negara selamat, cintailah tanah air.


Doa Untuk Kemakmuran Negara


Selain itu, Nabi Ibrahim juga terus mendoakan Makkah supaya dipenuhi keberkahan dan penduduknya penuh dengan orang-orang yang beriman. Doa itu adalah bentuk lain dari cinta tanah air. Kepada Allah Swt. ia memohon agar negerinya menjadi negeri yang aman, penduduknya hidup makmur, dan dipenuhi oleh orang-orang yang beriman. Makanya, Makkah sering disebut dengan tanah/wilayah haram. Yakni wilayah yang dimuliakan Allah dan diharamkan segala macam bentuk kerusakan.

Ini doa Nabi Ibrahim agar negerinya diberikan kemakmuran dan keamanan,

رَبِّ ٱجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا ءَامِنًا وَٱرْزُقْ أَهْلَهُۥ مِنَ ٱلثَّمَرَٰتِ مَنْ ءَامَنَ مِنْهُم بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۖ قَالَ وَمَن كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُۥ قَلِيلًا ثُمَّ أَضْطَرُّهُۥٓ إِلَىٰ عَذَابِ ٱلنَّارِ ۖ وَبِئْسَ ٱلْمَصِير

Baca:
Rabbi ij'al haadzaa baladan aaminan waurzuq ahlahu mina altstsamaraati man aamana minhum biallaahi waalyawmi al-aakhiri qaala waman kafara faumatti'uhu qaliilan tsumma adtharruhu ilaa 'adzaabi alnnaari wabi/sa almashiiru

Artinya:
"Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian". (QS. Al-Baqarah: 126).

Demikian tentang Doa Selamatkan Negara - Agar Makmur, Aman dan Damai yang sebaiknya dirutinkan oleh umat Islam Indonesia. Utamanya para khatib Jumat. Semoga negara tercinta ini diberikan keamanan oleh Allah swt. Semoga orang orang yang ingin hancurkan Indonesia hancur lebur. Amin. (tentangdoa.com)