Doa Shalat Tahajud (Download) - Agar Hajat Cepat Terkabul Beserta Artinya Lengkap
Cari Doa

Advertisement

Doa Shalat Tahajud (Download) - Agar Hajat Cepat Terkabul Beserta Artinya Lengkap

Tengtangdoa.com
Selasa, 27 Agustus 2019

doa sholat tahajud hajat dan istikharah - doa sholat tahajud nahdlatul ulama
Doa shalat tahajud Arab-Indonesia beserta arti dan manfaat shalat malam. Foto: istimewa.

Doa shalat tahajud sesuai sunnah baik dilaksanakan untuk shalat istikharah atau untuk keperluan agar doa cepat terkabul, tertuang dalam hadits-hadits Rasulullah Saw. tentang shalat tahajud, yang bisa Anda download DISINI atau DI SINI, bila tidak ingin membaca artikel doanya lebih lanjut.

Tentangdoa.com - Melaksanakan shalat tahajud tanpa doa dan dzikir bukan berarti haram, tapi kurang lengkap. Doa habis shalat tahajud sangat dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Tapi sebelum lanjut ke doa shalat tahajud atau shalat hajat tersebut, ada baiknya membaca mengulas seputar tahajud.

Shalat Tahajjud adalah ibadah sunnah yang ditekankan oleh Rasulullah saw. Waktu paling baik untuk melaksanakannya ada di sepertiga malam terakhir.  Ini adalah momen intim antara hamba dengan Tuhannya. Di saat ini pulalah momen sempurna untuk kontemplasi diri.

Di malam tahajud itulah kita memiliki waktu menyadari keMahahebatan Allah Swt., mengakui kemahabenaran segala yang datang dari-Nya, memasrahkan segala urusan kepadaNya, serta memohon ampun atas kesilapan dan kedurhakaan diri.

Shalat tahajud sering juga disebut shalat malam atau disebut juga shalatul lail/qiyamul lail) karena waktu yang melaksanakan shalat ini pada malam hari dimana semua orang sedang tertidur lelap.  Meski sunnah, selama hidup, Rasulullah Saw. tidak pernah meninggalkan tahajud.

Shalat tahajud dilakukan minimal dua rakaat, maksimal tak terbatas. Disunnahakan sekali menutup tahajjud dengan shalat Witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Tentang disyariatkannya shalat tahajud (atau shalat malam ini), Allah Swt. berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya:
"Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji". (QS. Al-Isra: 79)

Dalam ayat lain, Allah Swt. juga berfirman,

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ .فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya:
"Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan. Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan".  (QS. As-Sajdah: 16-17).

Ketika menjelaskan soal shalat tahajud, Nabi Muhammad Saw. bersabda, yang artinya: "Shalat tahajud adalah sarana (meraih) keridhaan Tuhan, kecintaan para malaikat, sunah  para nabi, cahaya pengetahuan, pokok keimanan, istirahat untuk tubuh, kebencian  para  setan, senjata untuk (melawan) musuh, (sarana) terkabulnya doa, (sarana)".

Keutamaan Sholat Tahajjud


Rasulullah Saw. bersabda, yang artinya: "Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan  sembilan macam kemuliaan , lima di dunia dan empat di akhirat ". Apa saja? Simak berikut ini.

Inilah 5 manfaat tahajud di dunia:

  1. Dipelihara oleh Allah Swt. dari segala macam bencana,
  2. Tanda kataatannya akan tampak kelihatan dimukanya,
  3. Akan dicintai para hamba Allah Swt. yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia,
  4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah,
  5. Akan dijadikan sebagai orang yang bijaksana, yang diberi pemahaman soal agama,

Inilah 4 manfaat tahajud di akhirat:

  1. Wajah menjadi berseri ketika bangkit dari kubur, di Hari Pembalasan nanti,
  2. Akan mendapat keringanan ketika dihisab oleh Allah Swt,
  3. Ketika menyeberangi jembatan Shirothal Mustaqim, dia bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar, dan
  4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Niat shalat tahajud


Bacaan niat shalat tahajud Bahasa Arab, Latin dan terjemahnya:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Baca:
"Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi Ta’alla".

Artinya:
"Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala".

Doa Setelah Sholat Tahajud


اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَوْ لَا إِلَهَ غَيْرُكَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Baca:
Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samawaati wal ardhi wa man fiihinn(a), wa lakal hamdu laka mulkus samawaati wal ardhi wa man fiihinn(a), wa lakal hamdu anta nuurus samawaati wal ardhi wa man fiihinn(a), wa lakal hamdu anta malikus samawaati wal ardh(i), wa lakal hamdu antal haqq(u), wa wa’dukal haqq(u), wa liqaa-ukal haqq(u), wal jannatu haqq(un), wan naaru haqq(un), wan nabiyyuuna haqq(un), wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqq(un), was saa’atu haqq(un), allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu, antal muqaddimu, wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illa ant(a) aw laa ilaaha ghairuka wa laa haula wa laa quwwata illa billah.

doa tahajud download
Doa setelah shalat tahajud.

Artinya
Ya Allah, milikmulah segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi serta apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, milik-Mu lah kerajaan langit dan bumi dan apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi dan apa-apa yang ada di dalamnya, milik-Mu lah segala puji, Engkaulah penguasa langit dan bumi , milik-Mu lah segala puji, Engkaulah yang benar dan janjimu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataanmu benar, surga-Mu itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, Nabi Muhammad Saw itu benar, dan kiamat itu benar ada. Ya Allah hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal, hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-mu lah aku menghadapi musuh, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Maka ampunilah aku atas segala dosa yang telah aku lakukan dan yang mungkin akan aku lakukan, dosa yang aku lakukan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Engkaulah yang Maha terdahulu dan Engkaulah yang Maha terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau dan tiada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah. (Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Muslim, Abu Daud dan al-Tirmidzi).

Setelah membaca doa diatas bisa juga menambahkan doa-doa lainya. Seperti doa selamat dunia akhirat, doa khusnul khatimah, doa memohon ampunan maupun doa-doa lainya.

Doa Meminta Keselamatan Dunia Akhirat:


رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

Artinya:
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. Al-Baqarah: 201).

Doa lainnya, bisa Anda baca di judul lain: Doa Husnul Khatimah dari Al-Qur'an dan Atsar Tabi'in - Latin dan Terjemah Arab.

Jika ternyata anda tidak bisa atau belum bisa berdoa dengan bahasa Arab seperti di atas, berdoalah dengan bahasa Anda sendiri. Allah Swt. tentu Maha Mendengar dan Maha Mengetahui hajat Anda. Pasti. Bukan insyAllah. (tentangdoa.com – ab)