Doa Untuk Orang Sakit Cara Islam - Sesuai Hadits Rasulullah (Bahasa Arab)
Cari Doa

Advertisement

Doa Untuk Orang Sakit Cara Islam - Sesuai Hadits Rasulullah (Bahasa Arab)

Tengtangdoa.com
Selasa, 27 Agustus 2019

Doa untuk orang sakit yang ada dalam artikel ini bisa digunakan untuk menyembuhkan orang sakit secara langsung atau doa yang diucapkan ketika menjenguk orang sakit di rumah sakit, rumah atau diucapkan ketika mendengar kabar saudara yang sedang sakit.

Tentangdoa.com - Mendoakan saudara atau saudari dan juga teman-teman yang sedang sakit merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan sebagai wujud kasih sayang kepada sesama Muslim. Dengan mendoakan kesembuhannya, kita juga sudah turut beramal dan mengasihinya. Namun, doa ketika kita menjenguk orang sakit pun sebaiknya diucapkan dalam hati yang bersih dengan ketulusan mengharap kepada Allah Swt. untuk kesembuhan saudara kita.

doa untuk orang sakit al fatihah - foto doa untuk orang tua yang sakit
Doa menjenguk orang sakit sesuai Al-Qur'an dan sunnah Rasulullah Saw. Foto: istimewa.

Beberapa doa yang diberikan kepada teman dan saudara kita yang sedang sakit biasanya berisi ucapan semoga lekas sembuh dan lain sebagainya. Namun, ada juga doa yang lebih lengkap dengan arti atau makna da kurang lebih sebagai berikut:

ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ، ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻥ ﻳﻌﻮﺫ ﺑﻌﺾ ﺃﻫﻠﻪ، ﻳﻤﺴﺢ ﺑﻴﺪﻩ اﻟﻴﻤﻨﻰ ﻭﻳﻘﻮﻝ: "اﻟﻠﻬﻢ ﺭﺏ اﻟﻨﺎﺱ ﺃﺫﻫﺐ اﻟﺒﺄﺱ، اﺷﻒ ﺃﻧﺖ اﻟﺸﺎﻓﻲ، ﻻ ﺷﻔﺎء ﺇﻻ ﺷﻔﺎﺅﻙ ﺷﻔﺎء ﻻ ﻳﻐﺎﺩﺭ ﺳﻘﻤﺎ". ﻗﻠﺖ: ﻣﻌﻨﻰ ﻻ ﻳﻐﺎﺩﺭ ﺃﻱ ﻻ ﻳﺘﺮﻙ. ﻭاﻟﺒﺄﺱ: اﻟﺸﺪﺓ ﻭاﻟﻤﺮﺽ

Artinya:
"Diriwayatkan dari A'isyah ra. Rasulullah Saw. memohonkan perlindungan untuk kerabat beliau yang sedang sakit. Sambil mengusapkan dengan tangan kanan, beliau berdoa,

أﻟﻠﻬﻢ ﺭﺏ اﻟﻨﺎﺱ ﺃﺫﻫﺐ اﻟﺒﺄﺱ، اﺷﻒ ﺃﻧﺖ اﻟﺸﺎﻓﻲ، ﻻ ﺷﻔﺎء ﺇﻻ ﺷﻔﺎﺅﻙ ﺷﻔﺎء ﻻ ﻳﻐﺎﺩﺭ ﺳﻘﻤﺎ

Baca:
"Allahumma Robbin Naasi, Idzhabil Ba'sa, Isfi Antas Syafi, La Syifa'a Illa Syifaa'uka, Syifa'an La Yughadiru Saqoman".

Baca:
"Ya Allah Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah ya Allah, dangan kesembuhan yang tidak menyisahkan penyakit, engkaulah sang pemberi kesembuhan, tiada kesembuhan kecuali dari Engkau". (HR. Muslim).

Atas dasar hadits di atas itulah bila ada orang yang sakit, kita disunnahkan meletakkan tangannya ke anggota badan yang sakit.

Dalam hadits lain juga terungkap hal senada,

ﻋﻦ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ اﻟﻌﺎﺹ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﺃﻧﻪ ﺷﻜﺎ ﺇﻟﻰ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺟﻌﺎ ﻳﺠﺪﻩ ﻓﻲ ﺟﺴﺪﻩ ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: "ﺿﻊ ﻳﺪﻙ ﻋﻠﻰ اﻟﺬﻱ ﻳﺄﻟﻢ ﻣﻦ ﺟﺴﺪﻙ، ﻭﻗﻞ: ﺑﺎﺳﻢ اﻟﻠﻪ، ﺛﻼﺛﺎ: ﻭﻗﻞ ﺳﺒﻊ ﻣﺮاﺕ: ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻌﺰﺓ اﻟﻠﻪ ﻭﻗﺪﺭﺗﻪ ﻣﻦ ﺷﺮ ﻣﺎ ﺃﺟﺪ ﻭﺃﺣﺎﺫﺭ"

Artinya:
"Dari Utasman bin Abil Ash ra, bahwa dia suatu ketika pernah mengadu sakit tangan tubuhnya kepada Rasulullah Saw. Rasulullah Saw. kemudian berkata kepadanya, 'taruhlah tanganmu di atas bagian tubuhmu yang sakit, dan ucapkanlah ﺑﺎﺳﻢ اﻟﻠﻪ tiga kali dan ucapkanlah ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻌﺰﺓ اﻟﻠﻪ ﻭﻗﺪﺭﺗﻪ ﻣﻦ ﺷﺮ ﻣﺎ ﺃﺟﺪ ﻭﺃﺣﺎﺫﺭ tujuh kali".  (Lihat Adzkar Nawawi, hlm: 250).

Berikut ini doa Rasulullah Saw. seperti dalam hadits di atas:

ﺑﺎﺳﻢ اﻟﻠﻪ ﺑﺎﺳﻢ اﻟﻠﻪ ﺑﺎﺳﻢ اﻟﻠﻪ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻌﺰﺓ اﻟﻠﻪ ﻭﻗﺪﺭﺗﻪ ﻣﻦ ﺷﺮ ﻣﺎ ﺃﺟﺪ ﻭﺃﺣﺎﺫﺭ

Baca:
"Bismillah bismillah bismillah, a'udzu bi 'izzatillahi waqudrotihi min syarri ma ajidu wa uhadziru (7 kali)"

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah (3 kali). Atas nama keagungan dan kuasaNya, saya mohon perlindungan dari kejelekan hal-hal yang saya temui dan saya berwaspada dari padanya".

Dalam hal ini ada beberapa doa yang dituntunkan oleh baginda Nabi Muhammd Saw. antara lain:

1. Doa kesembuhan orang sakit:


اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، أَذْهِبِ الْبَاسَ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِى لا شِفَاءَ إِلا شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لا يُغَادِرُ سَقَمًا

Baca:
Allahumma rabbannas adzhibil ba’ sa. Isyfi antasy-syafi La syifa’a illa syifauka. Syifa’an La yughadiru saqoma .

Artinya:
"Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah sakit (ini), sembuhkanlah ia, engkau adalah Dzat Yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan (dari)-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan sakit". (HR. Bukhari dari Ai'syah ra.).

doa untuk orang sakit di rumah sakit
Teks gambar doa menjenguk orang sakit.


2. Doa memohon hapus dosa kepada yang sakit:

لا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّه

Artinya:
"Tidak apa-apa, suci (dari dosa-dosa) insyaAllah". (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas ra.).

3. Doa untuk orang sakit


Nabi Muhammad Saw. pernah membaca doa ini di sisi orang sakit sebanyak tujuh (7) kali.

أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Artinya:
"Aku memohon kepada Allah Yang Agung, Tuhan Arsy yang agung, agar menyembuhkanmu maka Allah akan menyembuhkan dari sakit yang dideritanya". (H.R. Abu Dawud dari Ibnu Abbas ra.).

4. Doa ringan mendengar orang sakit:

ﺷَﻔَﺎﻙَ ﺍﻟﻠﻪُ

Baca:
Syafakallah (laki-laki) atau Syafakillah (perempuan).

Artinya:
"Semoga Allah memberi kesembuhan kepadamu".

Demikian doa untuk orang sakit yang kita tengok atau jenguk di rumah sakit. Adapun doa lainnya, silakan baca: Doa Sakit Gigi yang Diajarkan Rasulullah Lengkap. (tentangdoa.com - ab)