Goa Tsur: Tempat Mustajab Doa Terhindar dari Segala Kesedihan
Cari Doa

Advertisement

Goa Tsur: Tempat Mustajab Doa Terhindar dari Segala Kesedihan

Tengtangdoa.com
Rabu, 28 Agustus 2019

Tentangdoa.com - Di antara beberapa tempat ziarah yang terbukti banyak mendatangkan keberkahan adalah goa Tsur, yakni goa yang menjadi tempat persembunyian Rasulullah Saw. dan Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq dari kejaran kafir Quraisy dalam perjalanan hijrah menuju Madinah.

Selain itu, goa Tsur adalah salah satu goa yang disebut oleh Allah Swt. dalam Al-Qur'an. Karena itulah, ia memiliki keutamaan yang luar biasa. Menurut sekelompok ulama' seperti Al-Fairuzzabadi, goa Tsur lebih utama dari goa Hira'.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan,

انه كلم النبي صلى الله عليه وسلم وقال له : إلي يا رسول الله فإني قد آويت قبلك سبعين نبيا

Artinya:
"Sesungguhnya goa Tsur menyapa Rasulullah Saw. dan berkata, 'kesinilah ya Rasul! Sebelum engkau, aku telah berhasil melindungi tujuh puluh Nabi'".

kesitimewaan goa tsur untuk berdoa terlepas dari segala kesedihan
Manfaat berdoa di goa Tsur bisa terhindar dari segela bentuk kesedihan dunia. Foto: istimewa.

Di antara keutamaannya yang sangat luar biasa adalah apa yang diceritakan oleh Al-Marjani. Ia mengatakan, suau masa, ada seorang laki-laki yang begitu tabah saat ditimpa musibah dalam persoalan harta dan anak-anaknya tapi ia sama sekali tidak terlihat sedih. Setelah ditanya, laki-laki itu menjawab begini,

ان من دخل غار ثور الذي آوى النبي صلى الله عليه وسلم وصاحبه أبا بكر رضي الله عنه وسأل الله تعالى أن يذهب عنه الحزن لم يحزن على شيء 

Artinya:
"Barang siapa yang masuk kedalam goa Tsur yang telah berjasa melindungi Rasulullah Saw. dan sahabatnya Sayyidina Abu Bakar seraya meminta kepada Allah Swt. agar dihilangkan kesedihannya, maka ia tidak akan pernah sedih dalam hal apapun". (Sayyid Afifuddin Al-Hanafi Al-Hasani, dalam Kitab 'Uddatul Inabah Fil Amakin Al-Mustajabah, hlm: 235)

Berdoa di Goa Tsur Saat Haji


Dari penjelasan di atas, tentu kurang sempurna jika mereka yang ditakdir melakukan ibadah haji dan umroh melewatkan kesempatan untuk berdoa di goa Tsur. Betapa mulianya jika kita mencoba merasakan apa yang pernah dirasakan Rasulullah Saw. yang telah bersusah-payah menaiki bukit terjal demi kebahagiaan kita umatnya dunia dan akhirat.

Demikian keistimewaan goa Tsur yang sangat berguna bila digunakan sebagai sarana (tempat doa dipanjatkan). (tentangdoa.com - ab)